PENGGUNAAN STRATEGI
BERTANYA SEBAGAI SATU ALTERNATIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI
BACAAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA
Oleh
: Ruth C.H. Paath
ABSTRAK : Kemampuan membaca
meerupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa. Dalam kenyataan,
ketrampilan membaca belum sepenuhnya dimiliki siswa. Salah satu faktor penyebabnya adalah pola pembelajaran yang diciptakan kurang mendukung, terutama
strategi belajar yang digunakan tidak sesuai. Mengatasi masalah ini, salah satu
strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan
membaca, agar siswa memahami isi bacaan dengan baik adalah strategi bertanya.
Strategi bertanya adalah strategi yang memungkinkan siswa dapat menggali
informasi sebanyak-banyaknya dari bacaan. Penggunaan strategi ini memberikan
implikasi positif bagi meningkatnya kemampuan siswa memahami isi bacaan.
Kata Kunci : Strategi bertanya, meningkatkan, kemampuan, membaca.
REPRODUKSI :
PENGGUNAAN
STRATEGI BERTANYA SEBAGAI SATU ALTERNATIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI
ISI BACAAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA
Oleh : Hesti Marnahati
ABSTRAK
: Penggunaan strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
siswa memahami isi bacaan dalam
pembelajaran keterampilan membaca. Penggunaan strategi dalam pembelajaran keterampilan
membaca sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan proses belajar
khususnya dalam memahami isi bacaan. Strategi belajar yang terlalu monoton dan
tidak memiliki variasi akan membentuk suasana yang membosankan sehingga siswa
tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran. Metode yang di gunakan adalah dialog atau tanya jawab.
Strategi bertanya adalah strategi yang dapat membangkitkan
minat dan keingintahuan siswa tentang suatu topik, memusatkan perhatian pada masalah
tertentu, dan mendorong mengembangkan proses berfikir siswa, sehingga
siswa mampu menyatakan perasaan
dan pikiran yang terkandung dalam isi bacaan. Penggunaan strategi ini hasilnya akan menunjukkan perubahan berupa pemecahan masalah sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami
isi bacaan secara real.
Kata Kunci : Strategi bertanya,
meningkatkan, kemampuan, membaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar