Halaman

Jumat, 08 Juni 2012

Tugas Membaca Komprehensif


PENGGUNAAN STRATEGI BERTANYA SEBAGAI SATU ALTERNATIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI BACAAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA

Oleh : Ruth C.H. Paath

ABSTRAK : Kemampuan membaca meerupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa. Dalam kenyataan, ketrampilan membaca belum sepenuhnya dimiliki siswa. Salah satu  faktor penyebabnya adalah pola pembelajaran  yang diciptakan kurang mendukung, terutama strategi belajar yang digunakan tidak sesuai. Mengatasi masalah ini, salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca, agar siswa memahami isi bacaan dengan baik adalah strategi bertanya. Strategi bertanya adalah strategi yang memungkinkan siswa dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya dari bacaan. Penggunaan strategi ini memberikan implikasi positif bagi meningkatnya kemampuan siswa memahami isi bacaan. 

Kata Kunci : Strategi bertanya, meningkatkan, kemampuan, membaca. 


REPRODUKSI :



PENGGUNAAN STRATEGI BERTANYA SEBAGAI SATU ALTERNATIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI ISI BACAAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA

Oleh : Hesti Marnahati 

ABSTRAK : Penggunaan strategi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa  memahami isi bacaan dalam pembelajaran keterampilan membaca. Penggunaan strategi dalam pembelajaran keterampilan membaca sangat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan proses belajar khususnya dalam memahami isi bacaan. Strategi belajar yang terlalu monoton dan tidak memiliki variasi akan membentuk suasana yang membosankan sehingga siswa tidak tertarik dalam mengikuti pelajaran. Metode yang di gunakan adalah dialog atau tanya jawab. Strategi bertanya adalah strategi yang dapat membangkitkan minat  dan keingintahuan siswa tentang suatu topik, memusatkan perhatian pada masalah tertentu, dan mendorong mengembangkan proses berfikir siswa, sehingga siswa mampu menyatakan perasaan dan pikiran yang terkandung dalam isi bacaan. Penggunaan strategi ini hasilnya akan menunjukkan perubahan berupa pemecahan masalah sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan secara real.

Kata Kunci : Strategi bertanya, meningkatkan, kemampuan, membaca. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar